Alawi Nabhani, Muhammad and UNSPECIFIED (2023) Upaya guru dalam menerapkan strategi directed reading thinking activity (DRTA) untuk mengatasi kesulitan membaca pemahaman pada siswa kelas IV di MI Mamba'ul Khair Nw Bertais Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhammad Alawi Nabhani 190106099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru dalam menerapkan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) ada peserta didik yang masih kesulitan dalam membaca pemahaman. Fokus yang dikaji dalam skripsi ini adalah (1) Bentuk kesulitan membaca pemahaman yang dialami oleh peserta didik kelas IV MI Mamba'ul Khair NW Bertais. (2) Upaya guru dalam menerapkan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk mengatasi kesulitan membaca pemahaman pada siswa kelas IV di MI Mamba'ul Khair NW Bertais. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penlitian ini dilakukan di MI Mamba'ul Khair NW Bertais Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjang pengamatan, triangulasi dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) bentuk-bentuk kesulitan membaca pemahaman pada siswa kelas IV MI Mamba'ul Khair NW Bertais adalah kesulitan dalam menyampaikan pemikirannya, memahami isi cerita, dan siswa kesulitan dalam menemukan ide pokok dari setiap paragraf cerita. (2) Upaya guru dalam menerapkan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk mengatasi kesulitan membaca pemahaman pada siswa kelas IV MI Mamba'ul Khair NW Bertais adalah dengan menyediakan gambar- gambar, memberikan contoh cara memahami bacaan dan melatih peserta didik untuk menemukan ide pokok pokok setiap paragraf dari materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kesulitan Membaca Pemahaman, Strategi DRTA, Upaya Guru."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:28
Last Modified: 01 Dec 2023 02:28
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5148

Actions (login required)

View Item View Item