Paramida, Meilina (2023) Pengaruh Penggunaan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung siswa Kelas III di SDN 8 Cakranegara Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Meilina Paramida_190106098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa masih rendahnya kemampuan berhitung siswa kelas III pada materi perkalian di SDN 8 Cakranegara. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode jarimatika di dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung siswa kelas III di SDN 8 Cakranegara Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan yaitu semua siswa kelas III di SDN 8 Cakranegara berjumlah 76 siswa dengan teknik sampel total. Siswa kelas III A berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas III B berjumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis dengan uji-t menggunakan rumus polled varians. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikan < 0,05 (nilai sig. 0,004), maka dapat disimpulkan Ho ditolak yang berarti Hipotesis (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung siswa kelas III di SDN 8 Cakranegara Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode Jarimatika, Kemampuan Berhitung Siswa"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:11
Last Modified: 01 Dec 2023 02:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5147

Actions (login required)

View Item View Item