Zatil Izmah, Linda (2023) PUL Implementasi gerakan literasi sekolah di Sdn 2 Tawali Kecamatan Wera Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
LINDA ZATIL IZMAH 190106016..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gerakan literasi sekolah karena masih adanya siswa yang belum bisa dan lancar membaca, menulis dan menghitung di SDN 2 Tawali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN 2 Tawali Kecamatan Wera Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2022/2023 dan Mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN 2 Tawali Kecamatan Wera Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2022/2023. Solusi yang dilakukan oleh pihak guru dan sekolah dalam mengatasi hambatan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN 2 Tawali Kecamatan Wera Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, kepala perpustakaan, siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajiandata, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu Credibility, Transferability, Dependability, Confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi gerakan literasi sekolah di SDN 2 Tawali memiliki kegiatan literasi yang dapat meningkatkan kemampuan siswa. Ada beberapa bentuk program-program gerakan literasi: a). kegiatan membaca 15 menit sebelum mulai belajar b). kegiatan gerakan literasi membaca dan menulis untuk menceritakan kembali c). kegiatan gerakan literasi menghitung d). kegiatan literasi di perpustakaan e). kegiatan gerakan literasi sekolah tadarus Qur'an. (2) Faktor pendukung: peran aktif seluruh warga sekolah, adanya buku bacaan, poster-poster baca dan perpustakaan Faktor penghambat:belum adanya pojok baca, lemari buku disebagian kelas, media belajar menghitung dan belum lengkapnya buku bacaan terbaru (3) Solusi memberikan dan menghadirkan pojok baca, melengkapi lemari buku di sebagian kelas, memperbarui buku di perpustakaan dan melengkapi media literasi menghitung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, SDN 2 Tawali"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Indonesian Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:56
Last Modified: 01 Dec 2023 01:56
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5146

Actions (login required)

View Item View Item