Suryanti, Laily (2023) Analisis kompetensi pedagogik guru kelas IV dalam mengimplementasikan penilaian autentik di MI Tslahul Muta'allim Karang Genteng Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Laily Suryanti (190106039).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penilaian autentik adalah penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru kelas 1V dalam mengimplementasikan penilaian autentik di MI Islahul Muta'allim Karang Genteng tahun ajaran 2022/2023 dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru kelas 1V dalam mengimplementasikan penilaian autentik di MI Islahul Muta'allim Karang Genteng tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peneliti melihat usaha para guru dalam menerapkan penilaian autentik dapat dikatakan sudah maksimal namun perlu adanya dukungan yang lain untuk mencapai hasil yang sesuai dengan tujuan penilaian autentik itu sendiri, seperti dalam menyalurkan kreatifitas siswa dapat diminta untuk lebih banyak melakukan praktik atau membuat produk, baik di dalam kelas maupun di luar, (2) pada proses penilaian dilakukan secara terhubung atau terintegrasi dengan aktivitas pembelajaran, salah faktor penghambat baik itupada aspek penilaian kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan yaitu keterbatasan waktu, banyaknya peserta didik yang hendak dinilai setiap harinya, setiap siswa mempunyai karakter yang berbeda-beda dalam bersikap terhadap gurunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kompetensi Pedagogik Guru, Penilaian Autentik, Sekolah Dasar"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:41
Last Modified: 30 Nov 2023 07:41
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5145

Actions (login required)

View Item View Item