Ani Abu, Fitri and UNSPECIFIED (2023) Penggunaan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa pada muatan Bahasa Indonesia di Kelas II SDN 42 Cakranegara Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
FITRI ANI ABU (190106232).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa yang disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah masih ada beberapa siswa belum bisa membaca dengan lancar,dan masih ada yang terbata-bata dalam pengucapan. Hal ini juga penggunaan media yang masih kurang diterapkan di dalam kelas. Penitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa pada muatan Bahasa Indonesia di kelas II SDN 42 Cakranegara. Jenis dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di kelas II SDN 42 Cakranegara. Subjek penelitian ini dibatasi lingkup sekolah yang terdiri dari guru, siswa, dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan data observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tes membaca permulaan. Indikator penelitian ini adalah minimal aktivitas siswa memasuki kategori baik dan aktif serta tercapainya keterampilan membaca permulaan siswa dengan acuan minimal 85% siswa yang mendapatkan nilai > 68. Dalam pembelajaran, guru dibantu oleh peneliti mempersiapkan media kartu huruf yang akan digunakan. Pada siklus awal, peningkatan membaca permulaan siswa belum terlihat, kemudian guru melanjutkan kegiatan pembelajaran sampai ke siklus III. Hasil penelitian menunjukkan (1) Setelah mengikuti kegiatan tes membaca siswa pada siklus I nilai rata-rata sebesar 59% (13 siswa yang tuntas dan 9 siswa tidak tuntas), (2) Setelah mengikuti kegiatan pada siklus II hasil tes membaca permulaan siswa mulai meningkat dengan nilai rata-rata 81% (18 siswa yang tuntas dan 4 siswa tidak tuntas), dan (3) Pada siklus III mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 90% (20 siswa yang tuntas dan""2 siswa tidak tuntas). Jadi, penggunakan media kartu huruf huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan kategori 20 siswa yang tuntas dan 2 siswa tidak tuntas atau setara dengan 90% dari 22 siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media Kartu Huruf, Membaca Permulaan, Kelas II Sekolah Dasar."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Nov 2023 06:07
Last Modified: 30 Nov 2023 06:07
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5140

Actions (login required)

View Item View Item