Araimah, Araimah (2023) Analisis penilaian autentik pada kurikulum 2013 di MIN 4 Bima Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Araimah 190106009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 Di MIN 4 Bima, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tehnik pemeriksaan keabsahaan data menggunaka trigulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru merencanaka penilaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan, 2) Guru melasanakan penilaian autentik dalam pembelajaran kurikulum 2013 yang mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian kompetensi sikap dilaksanakan melalui tehnik penilaian diri, penilaian antar teman/teman sebaya, dan penilain jurnal. Penilaian kompetensi pengethuan dilaksanakan melalui tehnik tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui tehnik penilaian kinerja, projek, penilaian produk, dan penilaian portofolio. 3) Guru mendeskripsikan hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan berdasarkan kompetensi dasar yang menjadi kekuatan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penilaian Autentik, kurikulum 2013"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:40
Last Modified: 30 Nov 2023 03:40
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5137

Actions (login required)

View Item View Item