Fitriani Rizky, Tamira (2023) Pembelajaran kosakata bahasa arab dengan menggunakan model numbered head together pada siswa Kelas Kesepuluh Madrasah Aliyah Ittihadil Ummah Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
TAMIRA FITRIANI RIZKY 190102092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah siswa di dalam kelas pada saat pembelajaran bahasa Arab terlebih pada saat pembelajaran mufrodat, dimana siswa merasa bosan karena pembelajarannya kurang menarik atau metode yang digunakan oleh guru monoton serta kurangnya motivasi dan minat belajar pada diri siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab itu sendiri. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran kosa kata bahasa Arab dengan menggunakan model Numbered Head Together pada siswa kelas sepuluh madrasah aliyah Ittihadil Ummah Mataram dan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab dengan menggunakan model Numbered Head Together pada siswa kelas sepuluh madrasah aliyah Ittihadil Ummah Mataram yang dimana model tersebut digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dan menyampaikan pendapat serta kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran yang sedang dibahas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana subjek penelitiannya yaitu madarasah aliyah Ittihadil Ummah Mataram pada kelas ke sepuluh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dimana peneliti langsung turun lapangan utuk mengamati proses pebelajarannya disertai dengan wawancara dan dokumentasi untuk melengkapi data beserta penguat pada penelitian ini. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya yaitu pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kosa kata bahasa Arab dengan menggunakan model Numbered Head Together pada siswa kelas ke sepuluh madrasah aliyah Ittihadil Ummah memiliki langkah-langkah pembelajaran kosakata dengan menggunakan model 1n1 d1antaranya: (1) Guru membagi siswa menjadi tiga kelompok yang terdiri dari tiga orang disetiap kelompoknya, (2) Guru membagikan nomor kepada setiap anggota kelompok, (3) Setiap siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok, (4) Guru memberikan materi pelajaran di papan tulis, (5)Guru meminta siswa untuk menerjemahkan setiap kata dalam materi tersebut secara berkelompok, (6) Guru memanggil nomor siswa secara acak, nomor yang dipanggil dari masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya secara bergiliran sesuai dengan nomor yang didapat, (7) Semua siswa aktif berdiskusi karena semuanya akan mendapatkan giliran masing-masing sesuai nomor yang dipanggil oleh gurunya, (8) Setelah semuanya selesai menyampaikan hasil diskusinya, guru bertanya kepada siswa mengenai kosakata baru yang didapatkan dalam pertemuan itu, (9) Setelah itu masing-masing siswa menyampaikan kosakata baru yang didapatkan yaitu rata-rata paling sedikit mereka mendapatkan tiga kosakata baru,""(10)Setelah itu guru menutup pembelajaran. Kemudian kesul1tan yang d1hadap1 s1swa dalam pembelaj�ran kosakata dengan menggunakan model Numbered Head Together ya1tu, ket1ka s1swa cepat lupa dengan kosakata yang sudah d1pelajar1, ket1ka s1swa menemukan kosakata baru, dan s1swa kesul1tan memaham1 alur model pembelajarannya akan tetap1 dengan se1r1ng berjalannya waktu s1swapun paham maksud dar1 model yang d1gunakan oleh gurunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab, Numbered Head Together"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 al-Lughah al-'Arabiyyah li Aghradh al-Khash (Arabic for Specific Purposes)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:44
Last Modified: 29 Nov 2023 07:44
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5135

Actions (login required)

View Item View Item