Insan Ratna Dewi, Dese (2023) Enerapan metode pembelajaran Cooprative In Egrated Reading And Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan membaca teks Bahasa Arab Siswa Kelas V Lombok Tengah Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
DESE INSAN RATNA DEWI 190102049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih kurangnya kemampuan membaca teks bahasa arab. Hal ini karena dalam proses pembelajaran bahasa arab masih pasif, guru belum menggunakan model dan metode yang bervariasi dan pembelajaran masih cenderung pada metode ceramah dan media yang digunakan hanya buku cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan teks bahasa arab pada pembelajaran bahasa arab kelas IIV MtsN 5 Lombok Tengah. Metode menggunakan kuantitatif dengan pendekatan eksprimen serta desain eksprimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IIV MtsN 5 Lombok Tengah sebanyak 177 siswa. Peneliti mengambil 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas 7 unggulan berjumlah 27 orang sebagi kelas eksprimen dan kelas 7 A berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel memakai sampling purposive. Teknik pengumpulan data menngunakan observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji ""t"". Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut hasil pengujian uji ""t"" terhadap posttest kedua kelompok diperoleh t hitung =2,1403 sedangkan t tabel dengan df 68 (70-2) pada taraf signifikan 5% yaitu '1,995. Dengan demikian t hitung > t tabel (2,1403 > 1,995 ) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam ini penelitian diterima, yaitu terdapat pengaruh metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam Meningkatkan kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab pada Siswa Kelas 5 MtsN 5 Lombok Tengah. Dan Ho ditolak, yaitu tidak terdapat pengaruh motode CIRC dalam kemampuan membaca teks bahasa arab dikelas 7 Mtsn 5 lombok tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, Cooprerative Integrated Reading And Composition, dan Keterampilan Membaca"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:39
Last Modified: 29 Nov 2023 03:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5128

Actions (login required)

View Item View Item