Aprilianti, Kiki (2021) Peran guru dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Al-Badriyah Sundak Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Kiki Aprilianti 170101067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam membentuk karakter santri dan nilai-nilai apa saja yang ditanamkan pada santri serta faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Al-Badriyah Sundak Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan caraobservasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik yang dinyatakan oleh Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Al-Badriyah Sundak Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur adalah sebagai berikut: 1) Peran guru dalam membentuk karakter santri dipondok pesantren Al-Badriyah Sundak Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur yaitu berperan sebagai guru/pendidik, berperan sebagai orang tua, berperan sebagai tauladan dan berperan sebagai motivator. 2) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada santri diantaranya; nilai religius, nilai peduli lingkungan, nilai mandiri, nilai jujur, nilai disiplin, nilai bertanggung jawab, nilai peduli sosial dan nilai kerja keras. 3) Faktor pendukung guru dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Al-Badriyah Sundak Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur diantaranya; faktor lingkungan, faktor pengaruh kiyai dan faktor kualitas ustadz/guru. Sedangkan faktor penghambat guru dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Al-Badriyah Sundak Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur diantaranya; faktor terbatasnya guru, faktor dari luar pondok dan juga faktor kondisi santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:23
Last Modified: 24 Nov 2023 01:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5110

Actions (login required)

View Item View Item