Hasanah, Fitriatun and UNSPECIFIED (2023) Eksplorasi problematika pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas VIII SMP Negeri 05 Satap Pekat Kabupaten Dompu. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Fitriatun Hasanah 190101225.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian peneliti terhadap realita yang terjadi pada salah satu sekolah menengah pertama yaitu di SMP Negeri 05 Satap Pekat Kabupaten Dompu, yang memiliki problematika dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan problematika pembelajaran pendidikan agama Islam dan faktor- faktor yang mempengaruhi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 05 Satap Pekat Kabupaten Dompu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, problematika pembelajaran ditinjau dari 9 komponen pembelajaran yaitu, 1) problematika kurikulum, 2) Problematika Proses pembelajaran, 3) problematika pendidik, yaitu kurangnya kemampuan dalam mengelola kelas, 2) peserta didik, yaitu rendahnya motivasi belajar siswa 3) metode pembelajaran, kurangnya penggunaan metode variatif 4) materi pembelajaran, materi yang cukup sulit di""mengerti oleh siswa 5) media pembelajaran, kurangnya ketersediaan media pembelajaran 6) tujuan pembelajaran, tujuan pembelajaran yang belum terinternalisasi 7) evaluasi pembelajaran yang tidak konfrehensif, Adapun faktor yang menyebabkan terjadinya problematika pembelajaran yaitu yaitu faktor intern dan faktor ekstern, faktor intern yaitu problematika pembelajaran yang berasal dari dalam siswa itu sendiri disebabkan karena 1) motivasi belajar 2) kebiasaan belajar siswa yang kurang efektif, 3) tingkat percaya diri siswa masih kurang, 4) intelegensi antar siswa yang berbeda-beda, 5) kebiasaan belajar siswa yang kurang efektif, 6) kondisi fisik siswa, 7) kondisi psikologis siswa, 7) kurang dalam membaca Al-Qura'an,. Sedangkan untuk faktor Ektern yaitu, 1) guru, 2) sarana dan prasarana, 3) lingkungan social 4) lingkungan kelurga, 5) Latar belakang regiulitas orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problematika, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:17
Last Modified: 23 Nov 2023 06:17
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5106

Actions (login required)

View Item View Item