Johri Helva, Baiq (2023) Penerapan metode al-hidayah di Rumah Qur’an Ali-Imron Kauman Praya. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
BAIQ JOHRI HELVA 190101090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Dari sekitar 225 juta Muslim, 54% termasuk dalam kategori buta huruf Al-Quran. Pada 2018, menurut data survey Sosial Data Ekonomi (Susenas) yang disusun Badan pusat Statistik (BPS), 53,57% penduduk muslim Indonesia belum bisa membaca Al-Qur'an. Hal ini menjadi perhatian umat Islam bahwa akan ada solusi yang komprehensif untuk membantu menigkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur'an. sehingga peneliti berkewajiban untuk mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melihat penerapan metode Al-Hidayah yang terbilang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur'an Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan Metode Al-Hidayah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di Rumah Qur'an Ali Imron Praya. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif (Qualitative Research). Peneliti terjun langsung kelapangan untuk meninjau atau mengamati kegiatan yang terjadi dilapangan serta berbagai fakta yang ada di lapangan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Al- Hidayah terdiri dari empat tahapan yaitu explain (bayan), example (bil mitsal), explore (bil Istiksyaf), exam (bil imtihan) Keunggulannya yaitu adanya warna, peneglompokkan kemiripan huruf, sistematis. Adapun kelemahan metode Al-Hidayah yaitu sdikitnya lembaran buku jilid. Faktor pendukungnya yaitu, adanya buku jilid yang lengkap, adanya alat peraga, dan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. faktor penghambat penerapan metode Al-Hidayah yaitu, kurangnya tenaga" "pendidik, kurangnya konsentrasi santri, dan kurangnya kerja sama antara orang tua dan ustadz atau ustadzah."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:21
Last Modified: 23 Nov 2023 02:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5102

Actions (login required)

View Item View Item