Wahyuni, Aulia (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari tipe kepribadian extrovert-introvert. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sri Wahyuni Aulia_190103093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

"Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan tipe kepribadian extrovert dan introvert. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs NW Kabar, pada kelas VIII semester genap tahun ajaran 2022/2023, yang bertempat di Jl. Pendidikan No.1 Kabar, Kecamatan Sakra, Lombok Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 4 orang yang terdiri dari 2 siswa memiliki kepribadian tipe extrovert dan 2 siswa memiliki tipe introvert. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, tes, dan wawancara. Metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa extrovert dapat memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melakukan perhitungan, namun tidak mampu mengecek kembali jawaban, karena siswa extrovert memiliki aspek kepribadian yang practically atau orang yang lebih tertarik kepada hal-hal yang praktis sehingga jawaban yang dituliskan tidak begitu panjang dan detail. Sedangkan, siswa introvert dapat memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melakukan perhitungan, dan mengecek kembali jawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika, Kepribadian Extrovert dan Introvert"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:03
Last Modified: 23 Nov 2023 02:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5101

Actions (login required)

View Item View Item