Sulhanudin, Sulhanudin (2023) Sistem full day school: ekspektasi dan implementasinya di SD Integral Luqman Al Hakim Mataram. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sulhanudin 190401028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dari tahun ke tahun pendidikan di Indonesia selalu dihadapkan pada permasalahan yang kompleks. Mulai dari masalah global seperti krisis moral siswa hingga masalah spesifik seperti masalah rendahnya kemampuan intelektual siswa. Kondisi krisis dan dekadensi moral ini menandakan bahwa pengetahuan agama dan moral yang didapatkan di bangku sekolah ternyata belum berdampak terhadap perubahan prilaku manusia Indonesia karena pendidikan moral dan etika diajarkan baru sebatas tekstual dan belum melibatkan siswa untuk langsung mengalami praktik pembelajaran itu sendiri. Salah satu sistem pendidikan yang dianggap bisa menjadi solusi terhadap permasalahan-permasalahan di atas adalah lembaga pendidikan yang menerapkan sistem full day school. Sekolah dengan sistem full day school merupakan sekolah sehari penuh yang bertujuan untuk mempersiapkan gengerasi-generasi unggul sejak usia dini baik secara emosional, intlektual, dan moral. SD integral Luqman Al Hakim Mataram adalah salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan sistem full day school atau sekolah sehari penuh dimana peserta didik berada di sekolah selama 8 (delapan) jam sehari. Adapun ujuan penelitian ini antara lain: 1). Mengetahui bagaimana ekspektasi wali murid terhadap penerapan sistem full day school di SD Integral Luqman Al Hakim. 2). Mengetahui bagaimana Implementasi pembelajaran sistem full day school di SD Integral Luqman Al Hakim Mataram. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Setelah peneliti melakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa 1). Ekspektasi wali murid terhadap penerapan pembelajaran sistem full day school di SD Integral Luqman Al Hakim Mataram adalah agar anak-anak menjadi anak-anak yang soleh, memiliki karakter religious yang baik, bisa menghafal Al-Qur’an serta berprestasi dalam ilmu pengetahuan umum dan ilmu pengetahuan agama. 2). SD Integral Luqman Al Hakim Mataram menerapkan konsep pendidikan yang berasaskan tauhid yaitu mengintegrasikan antara ilmu umum dan ilmu agama, aspek ruhiyah, akliyah, dan jismiyah yang dalam istilah kurikulum 2013 di sebut aspek spiritual, apektif, dan psikomotorik, dengan membangun sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: full day school; eskpektasi; orang tua
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:42
Last Modified: 23 Nov 2023 01:42
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5100

Actions (login required)

View Item View Item