Hirmaliza Hertin, Hilda and ---------------------------�-122454613331006131342942009222 Cont (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari disposisi matematis siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Darul Hikmah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hilda Hirmaliza Hertin 190103035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari disposisi matematis siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Darul Hikmah Karang Genteng, Pagutan, Mataram. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII berjumlah 18 orang. Data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan melalui wawancara kepada 2 siswa dengan disposisi matematis tinggi, 2 siswa dengan disposisi matematis sedang dan 2 siswa dengan disposisi matematis rendah. Data penelitian ini diperoleh dari angket disposisi matematis, tes kemampuan pemecahan masalah pada materi teorema pythagoras dan wawancara untuk kemampuan pemecahan masalah. Instrumen angket dan tes yang digunakan sudah diuji validitas oleh validator ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disposisi matematis siswa kelas VIII SMP Darul Hikmah terbagi menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Siswa dengan disposisi matematis tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi karena, mampu memenuhi keempat indikator pemecahan masalah menurut teori Polya yaitu, memahami masalah, merencanakan penyelesaian, penyelesaian masalah dan memeriksa kembali. Untuk siswa dengan disposisi matematis sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sedang karena, memenuhi tiga indikator pemecahan masalah menurut teori Polya yaitu, memahami masalah, penyelesaian masalah dan memeriksa kembali. Sedangkan untuk siswa dengan disposisi matematis rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah karena, hanya memenuhi dua indikator""pemecahan masalah menurut teori Polya yaitu penyelesaian masalah dan memeriksa kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:39
Last Modified: 30 Jul 2024 04:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5095

Actions (login required)

View Item View Item