Hartati, Widiya (2023) Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual dan Intelektually) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Darul Aminin NW Aikmual Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
WIDIYA HARTATI (190105134).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatar belakangi dengan model pembelajaran savi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pembelajaran savi (somatic, auditory, visual, intellectuall) dan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VII di MTs Darul Aminin NW Aikmual Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah atau kepala madrasah, guru dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu, kodifikasi data, redukasi data, penyajian data, verifikasi data dan kesmipulan. Pengecekan data menggunakan, ketekunan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bagaimana menjelaskan proses pelaksanaan model pembelajaran savi (somatic, auditory, visual, intellectuall) dengan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran savi (somatic, auditory, visual, intellcetuall) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Darul Aminin NW Aikmual antara lain: tahap persiapan, penyampaian , pelatihan dan tahap menampilkan hasil. Tahap- tahap tersebut dapat mengaktifkan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran, sehingga menambah daya ingat pemahaman khususnya meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Darul Aminin NW Aikmual. 2) Bagaimana aktivitas belajar siswa sebagai dampak model pembelajaran savi (somatic, auditory, visual, intellectuall) pada mata pelajaran IPS di MTs Darul Aminin NW Aikmual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Savi, Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:00
Last Modified: 22 Nov 2023 02:00
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5091

Actions (login required)

View Item View Item