Toyibi, Dzurriyun (2023) Analisis penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI di SMA Sekecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2021/2022. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Dzurriyun Toyibi 210401008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kurikulum 2013 telah diterapkan sejak tahun 2013. Pendekatan saintifik merupakan strategi yang ditetapkan pemerintah untuk mewujudkan hasil yang diinginkan dari kurikulum tersebut. Namun sejak sepuluh tahun pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik belum menunjukan proses pembelajaran dan hasil belajar yang diharapkan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) menganalisis penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di SMAN se-Kecamatan Taliwang, dan (2) menganalisis faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di SMAN se-Kecamatan Taliwang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan narrative inquiry. Penelitian dilakukan di SMAN 01, SMAN 02 dan SMKN 01 Taliwang dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi menggunakan instrumen lembar observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan tekhnik kualitatif dengan mengadopsi Miles dan Hubberman dengan tahapan data display, data reduction dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan) pada pembelajaran PAI di SMAN sekecamatan Taliwang dilakukan dengan cara yang bervariasi, tergantung pada ketersediaan media, sumber belajar dan kreatifitas guru PAI, dan (2) Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di SMAN 01, SMAN 02 dan SMKN 01 Taliwang didukung oleh: Bekal pelatihan K-13, Pemahaman yang baik tentang pendekatan saintifik, penyiapan RPP yang baik oleh guru PAI, ketersediaan media dan sumber belajar, serta kreatifitas guru PAI. Namun penerapan pendekatan saintifik itu juga terhambat oleh hal-hal seperti porsi jam pelajaran PAI yang hanya dua jam pelajaran seminggu dan masih adanya peserta didik masih kurang antusias.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik; pembelajaran pai; kurikulum 13
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:24
Last Modified: 25 Jul 2024 02:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5072

Actions (login required)

View Item View Item