Wusqo, Urwatul (2023) Pengaruh manajemen pendidikan kelas khusus dan umum terhadap tingkat kepuasan wali dan prestasi non akademik santri di Pondok Pesantren Nurul Hakim. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Urwatul Wusqo 210403018 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen pendidikan kelas khusus terhadap kepuasan wali santri; pengaruh manajemen pendidikan kelas umum terhadap kepuasan wali santri; pengaruh manajemen kelas khusus terhadap prestasi non akademik santri; dan pengaruh manajemen pendidikan kelas umum terhadap prestasi non akademik santri di ponpes Nurul Hakim Lombok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif model survey untuk menghimpun data serta informasi terhadap populasi makro dan sampel yang cenderung agak kecil. Adapun populasi penelitiannya mencakup Lembaga Pendidikan Umum Putri Kelas melalui uji validitas, realibilitas, serta uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan yang diimplementasikan pada Program Pendidikan Khusus dan Umum pada ponpes tersebut berpengaruh terhadap kepuasan wali santri dan prestasi nonakademik santri. Adapun aspek penting yang mempengaruhi kepuasan wali santri terhadap manajemen pendidikan pada dua lembaga tersebut di antaranya yaitu proses rekrutmen siswa, ketersediaan lingkungan belajar yang baik, serta ketersediaan program pengembangan santri, baik meliputi pengembangan kebahasaan, organisasi serta program pengembangan akademik, maupun kualitas dan kualifikasi tenaga pengajar, bidang pendidikannya. Selain itu, aspek mendasar yang berpengaruh terhadap kepuasan wali santri adalah dilaksanakannya desain pembelajaran terintegrasi yang membawa misi untuk menguasai dasar-dasar ilmu agama serta penguasaan bidang ilmu pengetahuan umum. Terakhir, kedua lembaga tersebut mampu mendorong siswa untuk memahami kitab-kitab dasar dan pengetahuan umum. Proses pembelajarannya dikontrol, dimonitoring serta dievaluasi, baik pada tingkat lembaga maupun yayasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen pendidikan; wali santri; prestasi; non akademik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:29
Last Modified: 17 Nov 2023 02:29
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5068

Actions (login required)

View Item View Item