Hilda Fazriati, Ayu (2023) Eksistensi guru penggerak dalam meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran IPS di SMAN1 Kota Bima. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ayu Hilda Fazriati 190105144.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterkaitan penulis terhadap guru penggerak dan kompetensi guru mata pelajaran IPS yang ada di SMAN 1 Kota Bima. Guru penggerak adalah sebagai fasilitator pembelajaran. Seorang guru harus memilki 4 kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Kompetensi guru mata pelajaran IPS di SMAN 1 Kota Bima, Untuk mengetahui Program Kerja guru penggerak untuk meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran IPS di SMAN 1 Kota Bima, Untuk mengetahui Implementasi Program Kerja guru penggerak dalam meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran IPS di SMAN 1 Kota Bima, Untuk mengetahui Dampak Implementasi guru penggerak terhadap guru mata pelajaran IPS yang ada di SMAN 1 Kota Bima. Metode yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data-data yang ditemukan dianalisis menggunakan teknik analisis data. Adapun hasil penelitian menunjutan bahwa 1) Kompetensi guru mata pelajaran IPS di SMAN 1 Kota Bima ini juga sudah sangat luar biasa karena kompetensi meliputi kemampuan mengelola pembelajaran yang mendidik, pengetahuan keterampilan dan perilaku yang harus di miliki baik, dihayati dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalnya. 2) Program Kerja guru penggerak untuk meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran IPS di SMAN 1 Kota Bima yaitu Program Guru Penggerak sangat membantu untuk meningkatkan kompetensi guru lainnya.. 3) Implementasi program kerja guru penggerak dalam meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran IPS di SMAN 1 Kota Bima sudah berjalan sejak terpilihnya guru penggerak di sekolah ini. 4) Dampak Implementasi terhadap guru penggerak yang ada di SMAN 1 Kota Bima yaitu pelaksanaan ini juga sangat bermanfaat bagi guru penggerak itu sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: guru penggerak, Kompetensi guru, IPS, SMAN 1 Kota Bima"
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:59
Last Modified: 16 Nov 2023 02:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5055

Actions (login required)

View Item View Item