Astuti Hidayati, Rina (2023) Efektivitas strategi belajar bersama dalam pengajaran kosa kata di MTs Arrahmah NW Pringgarata Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
RINA ASTUTI HIDAYATI (190107113).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian penulis terhadap kemampuan berbahasa Inggris siswa, dimana sebagian besar siswa tidak berani menggunakan bahasa Inggris karena keterbatasan kosakata yang mereka miliki. Oleh karena itu, peneliti menggunakan strategi pembelajaran bersama untuk mendorong siswa memperoleh lebih banyak kosa kata dengan belajar bersama teman yang lain. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah strategi belajar bersama di dalam pengajaran kosa kata di kelas VII MTs Arrahmah NW Pringgarata efektif atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan strategi belajar bersama sedangkan kelas kontrol diajar tanpa strategi belajar bersama. Baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol melibatkan 54 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kosa-kata. Tes kosa-kata dibagi menjadi pre-test dan post-test. Penelitian ini menemukan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 53.21 dan post-test adalah 74.39. Sedangkan nilai pre- test kelas kontrol 51.50 dan post-test 59.00. Dari hasil analisis independent sample t-test didapatkan nilai sig. 2-tailed antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,000, hal ini menunjukkan bahwa nilai tersebut lebih rendah dari taraf signifikansi 0,05 (0,000<0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis Null (Ho) ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa strategi belajar bersama efektif dalam pengajaran kosa kata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: belajar bersama strategi, kosa kata, efektivitas"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:09
Last Modified: 15 Nov 2023 07:09
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item View Item