Wahyuningsih, Riatul (2023) Meningkatkan kemampuan pemahaman membaca dengan menggunakan strategi reciprocal teaching pada siswa Kelas VIII MTs. No. 3 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
RIATUL WAHYUNINGSIH 190107076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini meneliti bagaimana strategi reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa di kelas delapan MTs.N 3 Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa atau tidak. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain pre-test dan post-test, yang terdiri dari lima pertemuan termasuk perlakuan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs.N 3 Mataram yang berjumlah 40 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes esai untuk memperoleh data. Setelah menganalisis data, ditemukan bahwa ada perubahan pada hasil belajar siswa. Hasil tes pemahaman membaca siswa pada siklus 1 menunjukkan bahwa siswa mendapatkan nilai rata-rata yang kurang baik yaitu 65.5. Setelah diberikan perlakuan pada siklus 2, nilai rata-rata tes pemahaman membaca siswa meningkat pada menjadi 83.5 dengan kategori yang bagus. Selain itu, hasil observasi dan nilai yang diperoleh pada penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan. Berdasarkan lembar observasi kegiatan belajar dan mengajar. hasil observasi aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran pada siklus 1 mengalami persentase hasil yang masih rendah dan pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan persentase hasil yang lebih besar. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 memperoleh skor 29 dengan presentasi observasi hanya 50%, dengan kategorikan cukup sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 75,86% dengan skor 44 yang dikategorikan baik Dan pada siklus 1 hasil observasi aktivitas guru mencapai 84,48% meningkat menjadi 89,65% yang dikategorikan dari bagus meningkat menjadi kategori yang sangat baik pada siklus 2. Dengan demikian, strategi reciprocal teaching dapat digunakan oleh guru""sebagai salah satu teknik untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII MTs. N 3 Mataram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, Pemahaman Membaca, Strategi Reciprocal Teaching."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 15 Nov 2023 06:57
Last Modified: 15 Nov 2023 06:57
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5049

Actions (login required)

View Item View Item