Muzdalifah, Nurul (2023) Analisis nilai moral dan pendidikan dalam Novel "The Midnight Library" Karya Matt Haig. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurul Muzdalifah 190107004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai moral dan pendidikan dalam novel The Midnight Library karya Matt Haig Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang mengandalkan kajian dan deskripsi data, dimana data yang diteliti berupa teks berbentuk novel. Prosedur penelitian meliputi, penyajian data dan pengujian kesimpulan atau verifikasi dengan melalui tahapan teknik dekontekstualisasi, rekontekstualisasi, kategorisasi dan kompilasi. Subyek dalam penelitian ini adalah novel The Midnight Library karya Matt Haig dengan permasalahan yang dibatasi hanya pada dialog masing-masing tokoh saja Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sembilan puluh delapan nilai moral yang dikelompokkan ke dalam empat aspek, antara lain hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan sesama, hubungan manusia dengan alam. Sedangkan untuk nilai edukasi ditemukan dua pulu delapan item. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat nilai moral dan pendidikan dalam novel The Midnight Library karya Matt Haig.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Nilai Moral, Nilai Pendidikan, The Midnight Library. Novel"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 15 Nov 2023 05:11
Last Modified: 15 Nov 2023 05:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5048

Actions (login required)

View Item View Item