Rafli Rafsanjani, Muhammad (2023) Mengajar pronunciasi siswa efl melalui aplikasi duolingo di kelas Tujuh Mtsn 3 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhammad Rafli Rafsanjani 180107168.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Duolingo terhadap kemampuan pelafalan bahasa Inggris siswa kelas VII MTsN 3 Mataram. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental dengan desain one group pre-test and post-test design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang terdiri dari 36 siswa. Data diperoleh dari pre-test dan post-test dan dianalisis dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS v.26. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pelafalan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Duolingo efektif secara signifikan terhadap kemampuan pengucapan siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pre-test siswa (38) dan meningkat menjadi (61) pada post-test dengan peningkatan sebesar 60,5%. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa Sig (2-tailed) sebesar 0.000 yang lebih kecil dari a = 0.05 (0.000 < 0.05). Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada pelafalan bahasa Inggris siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Duolingo. Dengan kata lain, Hipotesis Nol (Ha) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Duolingo efektif dalam meningkatkan kemampuan pelafalan siswa kelas satu MTsN 3 Mataram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aplikasi Duolingo, Keterampilan pengucapan bahasa Inggris"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:53
Last Modified: 15 Nov 2023 03:53
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5047

Actions (login required)

View Item View Item