Luq Il Maknun, Luq (2023) Penggunaan belajar kolaboratif jenis belajar bersama untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II Mts Yusuf Abdussatar. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Luq-Luq Il Maknun 190107059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas VIII A MTs Yusuf Abdussatar melalui collaborative learning type learning together. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap siklus memiliki beberapa tahapan, seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan enam kali pertemuan. Peserta diambil oleh 35 siswa kelas VIII MTs Yusuf Abdusstar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen data berupa lembar kerja guru dan siswa untuk kegiatan pembelajaran kemampuan membaca, dan selembar tes untuk mengetahui hasil penelitian atau hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa meningkat dari siklus ke siklus. Nilai siswa meningkat pada setiap siklusnya, pada siklus 1 saat peneliti melakukan tes nilai siswa adalah 72, artinya siswa masih mendapatkan nilai di bawah standar, dan nilai aktivitas guru adalah 70% dan nilai aktivitas siswa 76%. Pada siklus 2 nilai siswa adalah 80, artinya siswa mendapat nilai tinggi, untuk nilai aktifitas guru pada siklus 2 adalah 82% dan nilai aktivitas siswa adalah 88% . Dengan demikian berarti aktivitas guru dan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar meningkat dari siklus ke siklus. Sebelum menerapkan collaborative learning kemampuan membaca siswa sangat rendah, tetapi ketika peneliti mulai mencoba menggunakan collaborative learning peningkatan kemampuan membaca siswa dan proses belajar mengajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Collaborative, Belajar Bersama, Kemampuan Membaca"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:39
Last Modified: 15 Nov 2023 03:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5046

Actions (login required)

View Item View Item