Muhammad Rizik, Habib (2023) Penerapan self regulated learning oleh guru BK untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas X MAN 2 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Habib Muhammad Rizik 190303096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Permasalahan kedisiplinan belajar penting untuk diperhatikan, permasalahan kedisiplinan belajar salah satunya bisa disebabkan karena perbedaan latar belakang dan karakter setiap individu. Sehingga dalam penanaman kedisiplinan diperlukan adanya orientasi penerapan nilai-nilai, moral yang berlaku di sekolah, setiap siswa penting memiliki kemampuan self regulated learning didalam dirinya. Oleh karena itu penelitian ini ingin melihat bagaimana ""Penerapan Self Regulated Learning Oleh Guru BK Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Mataram""dengan tujuan untuk mengetahui proses penerapan self regulated learning oleh guru BK untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas X MAN 2 Mataram dan apakah kelebihan dan kekurangan proses penerapan self regulated learning yang sudah diterapkan oleh guru BK untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas X MAN 2 Mataram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, subjek didalam penelitian ini merupakan siswa-siswi kelas X yang berjumlah 2 siswa laki-laki dan 3 siswi perempuan serta guru BK dan guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode induktif/kualitatif peneliti gunakan untuk melakukan analisis data kemudian mereduksinya untuk melakukan penajaman dan penggolongan, verifkasi serta memvalidasi data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK dalam proses penerapan self regulated learning menggunakan strategi goal setting and planning dengan teknik konseling kelompok sebagai teknik pendukung untuk meningkatkan disiplin belajar siswa dalam penerapnnya terdapat kelebihan dan kekurangan dari strategi yang sudah diterapkan oleh guru BK antara lain, kelebihan:Pertama, siswa mampu dengan mudah meregulasi dirinya dalam belajar. Kedua, siswa mampu mengetahui tujuan belajar kedepannya. Sedangkan kekurangannya: diperlukan adanya repitisi strategi kembali dan kesadaran diri individu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: self Regulated Learning, Disiplin Belajar"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:22
Last Modified: 30 Oct 2023 07:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4935

Actions (login required)

View Item View Item