Rodaen, Bq. Sa'adatul (2023) Pengaruh pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep Biologi dan kemampuan berpikir kritis Mts Al-Intishor Bendega. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
SA'ADATUL RODAEN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Proses belajar mengajar adalah kegiatan pendidikan yang melibatkan guru dan siswa, untuk pengalam belajar ditentukan oleh watak atau hubungan antara keduanya. Guru sangat berperan penting dalam proses belajar mengajar. Untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning (PBL) terhadappemahaman konsep Biologi MTS Al-Intishor Bendega, 2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis MTS Al- Intishor Bendega. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, adapun hasil nilai rata-rata kelas eksperimen yang dimana nilai postest sebesar 80,05 sedangkan pada kelas kontrol sebanya 75,45 jadi kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Hasil menunjukan ini dengan menggunakan model problem based learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep biologi dan kemampuan berpikir kritis MTS Al- Intishor bendega, Dengan hasil signifikan 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemhaman konsep, kemampuan berpikir kritis, problem Based Learning, sistem ekskresi"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Oct 2023 05:54
Last Modified: 30 Oct 2023 05:54
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4930

Actions (login required)

View Item View Item