Mahyudin, Mahyudin (2023) Hubungan motivasi, pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru MI di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Mahyudin 210403043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dalam mendukung Pendidikan Nasional, dibutuhkan guru professional yang menguasai kompetensi, kepribadian, sosial dan professional. Oleh karena itu, maka guru harus memiliki motivasi yang tinggi, giat dalam mengikuti pelatihan dan menjadika pengalaman mengajar sebagai guru yang terbaik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan motivasi, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru MI di kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Sementara itu, populasi dalam penelitian ini yaitu Guru Madrasah Ibtida’yah sekecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah115 orang guru. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel merujuk pada tabel Krejcie dan Morgan untuk tingkat kesalahan 5% sehingga diperoleh tingkat kepercayaan 95% terhadap populasi. Jadi, apabila jumlah populasi115 dan sampling error 5%, maka jumlah sampel yang dibutuhkan 89 orang guru. Jenis peneltian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen (bebas ) dan defenden (terikat ). Dimana variabel bebas yakni X1 motivasi, X2 pelatihan dan X3 Pengalaman mengajar sedangkanvariabel terikatnya yaitu profesionalisme guru Y. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwan : 1 ) Terdapat hubungan antara motivasi dan profesionalisme guru MI di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat dengan nilai t hitung sebesar 2,022 dan probabilitas sebesar 0,047 yang nilainya lebih kecil dari 0,05. 2)Terdapat hubungan antara pelatihan dan profesionalisme guru MI di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat dengan nilai t hitung sebesar 2,2 98 dan probabilitas 0,024 yang nilainya lebih kecil dari 0,05. 3) Terdapat hubungan antara pengalaman mengajar dan profesionalisme guru MI di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat dengan nilai t hitung sebesar 2,586 dan probabilitas 0,012 yang nilainya lebih kecil dari 0,05. 4)Terdapat hubungan antara motivasi, pelatihan dan pengalaman mengajar dengan profesionalisme guru MI di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, dapat dilihat dari hasil analisis bahwa nilai signifikansi variabel (X1) sebesar 0.154, variabel (X2) sebesar 0.772 dan variabel (X3) sebesar 0.30. Karena nilai ketiga variabel independen lebih dari nilai 0.05 dengan angka koefisien korelasi (R ) sebesar 0.204.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: motivasi, pelatihan, pengalaman; mengajar; profesionalisme; guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 01 Nov 2023 00:45
Last Modified: 01 Nov 2023 00:45
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4928

Actions (login required)

View Item View Item