Insan, Khaerul (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik biologi berbasis problem based learning kelas VIII MTs Ulil Absor Ja. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
KHAERUL INSAN 190104044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD biologi berbasis Problem based learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE pada kelas VIII MTs Ulil Absor Jago. Langkah pengambilan data pada penelitian ini yaitu (1) Analyze (2) Design (3) Develop (4) Implement (5) Evaluate . Berdasarkan hasil analisis data menggunakan rumus aiken untuk mengukur kelayakan produk menunjukkan bahwa ahli materi untuk lembar kerja peserta didik biologi berbasis problem based learning diperoleh rata-rata nilai 0.96, dan dikategori ""layak untuk diujicobakan dengan revisi sesuai saran"" adapun untuk ahli media lembar kerja peserta didik biologi berbasis problem based learning dengan rata-rata nilai 0.87 berdasarkan formula aiken bagian materi terkategori sangat tinggi dan bagian media terkategori tinggi. Selanjutnya untuk uji kelompok kecil berdasarkan hasil pserta didik pada lembar validasi (Lembar Kerja Peserta Didik Biologi Berbasis Problem Based Learning) untuk peserta didik menghasilkan presentasi nilai 87.01% dan dikategori sangat tinggi sedangkan uji coba kelompok besar berdasarkan hasil pserta didik pada lembar validasi (Lembar Kerja Peserta Didik Biologi Berbasis Problem Based Learning) menghasilkan presentasi nilai 88.31% dan dikategori dimana kedua uji coba tersebut terkategori sangat tinggi. Berdasarkan uji kelayakan tersebut menunjukkan lembar kerja peserta didik biologi berbasis problem based learning didik sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja peserta dididk biologi, berbasis problem based learning."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 27 Oct 2023 08:03
Last Modified: 27 Oct 2023 08:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4922

Actions (login required)

View Item View Item