Febrina Yanti, Tisa (2023) Pengembangan instrumen ketercapatan life skill siswa pada kurikulum merdeka belajar Btologt MAN 2 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Tisa Febrina Yanti 190104090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan instrumen ketercapaian life skill siswa pada kurikulum merdeka belajar Biologi dan untuk mengetahui bagaimana validitas dan realibilitas ketercapaian life skill siswa pada kurikulum merdeka belajar pelajaran Biologi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE pada siswa kelas X di MAN 2 Mataram. Langkah pengambilan data pada penelitian ini yaitu (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, (5) Evaluate. Hasil penelitian ini yaitu berupa hasil validasi ahli Bahasa, hasil validasi ahli untuk Instrumen Angket (Kecakapan Personal Kesadaran Diri) sebesar 67% dan dikategorikan ""Layak untuk diujicobakan dengan revisi sesuai saran"", adapun hasil validasi ahli untuk Instrumen Tes (Kecakapan Personal Berfikir Rasional) sebesar 100% dinyatakan relevan. Sedangkan pengembangan instrumen ketercapaian life skill siswa pada kurikulum merdeka belajar Biologi, berdasarkan dari respon siswa pada uji coba Instrumen Angket (Kecakapan Personal Kesadaran Diri) sebesar 81,6% dan dikategorikan ""Sangat Baik"", sedangkan hasil uji coba untuk Instrumen Tes (Kecakapan Personal Berfikir Rasional) menggunakan tes berbentuk essay memiliki persentase ketercapaian life skill sebesar 81,2% dan dikatakan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ketercapaian Life Skill, ADDIE, Instrumen Tes dan Instrumen Angket, Pengembangan."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:33
Last Modified: 26 Oct 2023 03:33
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4918

Actions (login required)

View Item View Item