Cahyani, Nilam (2023) Efektivitas penerapan model pembelajaran task based learning dan problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di Mts Darul Ulum Beraim. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nilam Cahyani-190104059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Secara garis besar, permasalahan siswa adalah tidak aktif atau masih sulit untuk memahami keseluruhan materi. Hal tersebut berdampak pada perkembangan kemampuan pemecahan masalah siswa yang masih sangat kurang (rendah). Mengatasi masalah ini, maka dibutuhkan strategi pembelajaran yang baik mengasah keterampilan pemecahan masalah siswa, relevan dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah pembelajaran berbasis model Task Based Learning (TBL) dan Problem Solving (PS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih lebih efektif di antara model pembelajaran task based learning dan problem solving dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Darul Ulum Beraim. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah komparatif kuantitatif, dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran task based learning secara signifikan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Darul Ulum Beraim, model pembelajaran problem solving kurang efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Darul Ulum Beraim, model pembelajaran task based learning lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Darul Ulum Beraim dibandingkan dengan model pembelajaran problem solving.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: task Based Learning, Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:07
Last Modified: 26 Oct 2023 03:07
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4917

Actions (login required)

View Item View Item