Adji Hamidin, Perdi (2023) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan media audio visual untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMPN 3 Janapria Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ferdi Adji Hamidin 190104092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tingkat aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audio visual pada materi pencemaran lingkungan pada kelas VII SMPN 3 Janapria. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Janapria tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil dan analisis di setiap siklusnya dapat di simpulkan bahwa dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VII SMPN 3 Janapria dalam pembelajaran ipa dengan hasil siklus I dan siklus II . Berdasarkan masalah yang ditemukan, maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan media audio visual. Dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik analisiskuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan media audio visual aktivitas dan hasil belajar siswa SMPN 3 Janapria meningkat. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 68,30% dan pada siklus II sebesar 79,91%. Jadi dari siklus I ke siklus II aktivitas belajar siswa meningkat sebanyak 11,61%. Kemudian hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,43% dan pada siklus II sebesar 85,71%. Jadi dari siklus I ke siklus II hasil belajar siswa meningkat sebanyak 14,28%."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran tipe STAD, Aktivitas belajar siswa, Hasil belajar siswa"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:39
Last Modified: 26 Oct 2023 01:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4912

Actions (login required)

View Item View Item