Farhan, Baiq Dhiya’ul Husna (2023) Pengembangan kemandirian santri dalam perspektif whole school system: studi kasus Pondok Pesantren Nurul Islam Ganti. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Aiq Dhiya’ul Husna Farhan 210403003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pondok pesantren dianggap sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang paling mandiri. Kemandirian merukapan sikap yang harus dijunjung tinggi dan ditanamkan dalam diri seorang santri. Agar mereka bisa hidup secara mandiri ketika berada di tengah-tengah masyarakat. Untuk mengembangkan kemandirian santri di pondok pesantren sangat diperlukan adanya sistem pengelolaan. Pondok Pesantren Nurul Islam Ganti dalam menggembangkan kemandirian santri menggunakan sistem pengelolaan dengan pendekatan Whole School System. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sistem pengelolaan pondok pesantren dalam kemandirian santri dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kemandirian santri. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi dilengkapi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini menghasilkan (1) sistem pengelolaan kemandirian santri berupa, perencanaan terstruktur, pengorganisasian terprogres dan bertanggungjawab, pelaksanaannya dalam kegiatan kurikulum, ekstra dan kepondokan, dengan pengawasan yang melekat. (2) faktor penghambat dalam sistem pengelolaan pesantren untuk kemandirian santri yakni sebagian orang tua tidak peduli tentang pendidikan dan pembinaan kemandirian pada anak, sarana dan prasarana yang tidak memadai, beberapa santri tidak disiplin karena jarak antara pesantren dengan rumahnya yang dekat. Adapun faktor pendukung dalam sistem pengelolaan pesantren untuk kemandirian santri yakni dukungan dari sumber daya manusia pesantren, leadership, dukungan orang tua, masyarakat serta peran lingkungan demikian pula adanya kerjasama internal dan eksternal serta kekompakan dalam pembinaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kemandirian; sistem pengelolaan; whole school system
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 17 Oct 2023 02:44
Last Modified: 17 Oct 2023 02:44
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4901

Actions (login required)

View Item View Item