Hadi, Samsul (2023) Manajemen pembelajaran bahasa arab di Pondok pesantren Nurul bayan Lombok Utara. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Samsul Hadi 210406014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pondok Pesanren Nurul Bayan merupakan salah satu lembaga pendidikan di Lombok Utara yang menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa resmi dalam percakapan sehari-hari. Sebelum memulai kegiatan pendidikan, guru harus memiliki kompetensi dalam manajemen pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurul Bayan di Lombok Utara. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data kualitatif ini, peneliti menggunakan metode yang mengikuti metodologi Mills, Heberman, dan Saldana 2014, dan metode ini meliputi pengumpulan data, pemadatan data, penyajian, dan elisitasi. Adapun hasil penelitian tersebut adalah: 1) Guru bahasa Arabi merancang rencana pelaksanaan pendidikan sebelum memulai pendidikan di dalam kelas, dan kurikulum Pondok Pesantren Bayan terdiri dari kurikulum modern dan lembaga Salafi. 2) Guru menyusun perencanaan pendidikan mulai dari strategi, metode dan alat bantu pengajaran dalam pembelajaran bahasa Arab. Strategi yang digunakan untuk mengajar bahasa Arab berbeda-beda menurut buku yang digunakan untuk mengajar. 3) Evaluasi pendidikan untuk siswa dan semua guru dilakukan secara harian dan mingguan, dan evaluasi ini dilakukan untuk kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen belajar; metode belajar; bahasa arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:14
Last Modified: 16 Oct 2023 02:14
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4895

Actions (login required)

View Item View Item