Yasri, Muh. Hafizin (2023) Manajemen lingkungan bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara di Pondok Pesantren Ruaq Al Azhar Assyarif Putra, Gunung Ulang, Pandan Dure, Lombok Timur Tahun 2022. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muh. Hafizin yasri 190406009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana pelaksanaan manajemen lingkungan bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara di pondok pesantren ruaq al azhar assyarif putra, menganalisis masalah dan solusi dalam manajemen Manajemen lingkungan bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara di pondok pesantren ruaq al azhar assyarif putra, gunung ulang, pandan dure, lombok timur. Penelitian ini termasuk pendekatan deskriftif kualitatif Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode observasi ini digunakan untuk mendapatkan informasi dengan mengamati kegiatan atau keadaan yang terjadi ketika manajemen lingkungan bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara di pondok pesantren ruaq al azhar assyarif putra, gunung ulang, pandan dure, lombok timur. Adapun metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data atau informasi yang terkait dengan manajemen lingkungan bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara di pondok pesantren ruaq al azhar assyarif putra, gunung ulang, pandan dure, lombok. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data atau informasi yang terkait dengan profil pondok pesantren ruaq al azhar assyarif putra, gunung ulang, pandan dure, lombok timur. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di pondok pesantren ruaq al azhar assyarif putra, gunung ulang, pandan dure, lombok timur adalah ١) fungsi perencanaan meliputi; membuat jadwal harian, membuat program kerja meliputi program kerja harian, mingguan, bulanan, dan tahunan, serta melakukan penilaian dan sumber belajar. ٢) fungsi pengorganisasian yaitu mendesain pembelajaran menggunakan metode yang sesuai dengan keadaan para siswa dan metode yang digunakan bermacam-macam sesuai dengan materi. ٣) fungsi pengarahan meliputi; implementasi kurikulum dengan langkah-langkah pembelajaran bahasa Arab (percakapan, membaca, menulis, dan struktur kalimat), pengarahan dalam proses pembelajaran dilakukan oleh guru dengan suasana yang kondusif, evaluasi pembelajaran bahasa Arab, dilakukan dengan dua tahapan yaitu: evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. ٤) fungsi pengawasan dengan cara melihat hasil kerja guru, hasil didikannya, penerapan strategi pembelajaran, prestasi belajar yang dicapai siswa, dan mengamati tingkah laku siswa.٥). masalah masalahnya meliputi: Fasilitas yang disediakan di Pondok kurang memadai dalam pembelajaran bahasa Arab, siswa belum memiliki dasar yang kuat berbicarabahasa Arab,siswa belum memiliki rasa senang dan bangga pada diri sendiri bila mampu berbicara dengan bahasa Arab, kurangnya motivasi dalam pembelajaran bahasa arab ٦). Solusi-solusinya meliputi: Pembina Pondok harus berperan aktif membuat program yang memacu semangatnya anak didik dalam pembelajaran Bahasa Arab, pengasuh harus memberikan bimbingan khusus kepada siswa yang kurang dasarnya dalam pembelajaran bahasa arab. pengembangan dan penyusunan bahan ajar yang update dan kontekstual berdasarkan pengelompokan tersebut serta memperhatikan tingkat kerumitannya, Melakukan peningkatan kualitas pengajar bahasa Arab, Pengadaan kegiatan yang menunjang percepatan pemerolehan bahasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen; lingkungan bahasa arab; keterampilan berbicara
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 13 Oct 2023 00:33
Last Modified: 13 Oct 2023 00:40
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4881

Actions (login required)

View Item View Item