Mohdan, Mohdan (2023) Kitab al-miftah lil ulum dan penerapnnya dalam pembelajaran qawaid nahwu di Pondok Pesantren Darul Falah Pagutan Mataram. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Mohdan 200406007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Buku al-Miftah Lil 'Ulum merupakan salah satu buku ajar metode cara cepat untuk mudah membaca kitab kuning. Buku ini merupakan salah satu buku ajar bahasa Nahwu saraf yang disusun secara ringkas, praktis, menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami, dikemas dengan unik baik dari segi tampilan dan kombinasi warna agar tidak membosankan, cocok untuk anak-anak. Sehingga buku ini menarik untuk dikaji lebih dalam, bagaimana analisis isi buku al-Miftah Lil 'Ulum. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan untuk jenis penelitiannya adalah penelitian kepustakaan (library research) dan lapangan dengan menggunakanempat prinsip menyusun buku ajar bahasa Arab perspektif Mahmud Kamil. Menurut Mahmud Kamil, bahwa dalam penyusunan sebuah buku ajar atau bahan ajar bahasa Arab bagi nonArab setidaknya ada empat asas yang perlu diperhatikan yaitu asas social-budaya, asas bahasa, asas pendidikan, dan asas psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan buku-buku di perpustakaan. Objek penelitian ini adalah buku al-Miftah Lil 'Ulum (Mudah Membaca Kitab) yang membahas kajian ilmu nahwu, sekaligus menjadi sample penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku Al-Miftah Lil Ulum menurut Mahmud Kamil yaitu dari segi asas social-budaya, asas bahasa-pendidikan, dan asas psikologi, sudah bisa dikatakan sesuai dengan standar penyusunan buku ajar bahasa Arab, dan baik untuk dijadikan sebagai salah satu sumber rujukan dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pada pembelajaran nahwu şaraf bagi pembelajar non-Arab. Buku ini menggunakan metode deduktif yaitu metode yang menyajikan pengertian istilah dan penjelasan mengenai materi kemudian diakhiri dengan contoh. Buku ini juga menggunakan metode memahami dan menghafal agar santri/siswa mampu menguasai materi dari jilid satu sampai empat Dalam penerapannya kitab Al-Miftah Lil Ulum terbagi menjadi tiga tahapan yaitu tahapan perencanaan, tahapan pelakssanaan, dan tahap evaluasi. dalam tahap perencanaan 1) menentukan tujuan pembelajaran, 2), menentukan materi pembelajaran, 3) menentukan waktu pembelajara. Dalam tahap pelaksanaan penerapan kitab AlMiftah Lil Ulum di pondok pesantren darul falah pagutan terbagi menajdi tahap pembukaan, tahap penyajian materi, dan tahap penutupan. Adapun evaluasi penerapan kitab Al-Miftah Lil Ulum ini dilakukan dengan tes tertulis dan tes lisan dengan bentuk esai dan tes objektif. Evaluasi akhir yang dilakukan adalah dengan meberikan tes membaca kitab fathul qorib.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kitab al-miftah lil ulum; metode belajar; qawaid nahwu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:04
Last Modified: 12 Oct 2023 04:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4877

Actions (login required)

View Item View Item