Rahamwansyah, Alfani (2023) Pengaruh academic engagement terhadap kemahiran berbahasa arab siswa kelas VI MA Nurul Bayan Lombok Utara Tahun 2022/2023. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Alfani Rahamwansyah 210406005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Academic Engagement terhadap kemahiran berbahasa Arab siswa kelas 6 Madrasah Aliyah Nurul Bayan KLU. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh antara Academic Engagement terhadap kemahiran mendengar dan berbicara Bahasa Arab siswa, artinya semakin tinggi Academic Engagement siswa, akan meningkat kemahiran medengar dan berbicara Bahasa Arab siswa. Subyek penelitian berjumlah 63 siswa kelas 6 MA Nurul Bayan KLU. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala Academic Engagement yang sudah diadaptasi dan dikembangkan oleh peneliti. Teknik analisa data menggunakan uji-t dua arah karena sebaran data kedua variabel normal dan mempunyai hubungan yang linear. Maka variabel Academic Engagement mempunyai pengaruh terhadap kemahiran mendengar dan berbicara Bahasa arab. Sebab Academic Engagement berpengaruh dalam meningkatkan kemahiran mendengar dan berbicara Bahasa Arab siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: academic engagement; kemahiran mendengar; kemahiran berbicara
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Maharat al-Istima' (Listening Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:38
Last Modified: 12 Oct 2023 02:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4873

Actions (login required)

View Item View Item