Aziz, Abdul (2023) Metode-metode pengajaran imla' untuk meningkatkan kemampuan menulis dan penerapannya bagi santri ma'had aly kelas 1 Nurul Hakim Kediri Lombok Tahun Pelajaran 2022-2023. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Abdul Aziz 200406001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu bentuk keterampilan yang diharapkan banyak orang, khususnya dalam menulis bahasa Arab. Dalam penulisan bahasa Arab itu sendiri tentunya ada aturannya, dan kaidah bahasa Arab memiliki ketentuan untuk penulisan kalimat bahasa Arab, dan tingkat kebenarannya dapat dilihat dari aspek tata bahasa dan morfologi. Pembelajaran bahasa Arab dengan metode dikte bertujuan untuk melatih pendengaran siswa, mengukur daya ingat siswa, dan melatih menulis. Dalam metode ini, siswa juga dapat berlatih berbicara dan menulis bahasa Arab dengan mengulang kalimat yang dibacakan oleh guru. Penelitian ini dilakukan di Ma'had Aly Nurul Hakim Kediri Lombok Barat untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode pengajaran imla' untuk meningkatkan kemampuan menulis dan menerapkannya pada siswa kelas satu di Perguruan Tinggi Nurul Hakim Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dalam bentuk kata-kata dengan cara mengecilkan, menyajikan data dan memeriksa atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penggunaan metode pengajaran dikte untuk meningkatkan reward menulis dan penerapannya bagi mahasiswa angkatan I Perguruan Tinggi Nurul Hakim Kediri Lombok, bahwa metode yang digunakan adalah metode pengajaran dikte. langsung dan terjemahan. (2) Adapun langkah-langkah penerapan penggunaan metode pengajaran mengeja untuk meningkatkan reward menulis dan menerapkannya pada siswa kelas satu Perguruan Tinggi Nurul Hakim Kediri Lombok: (a) penggalian informasi dari prinsip-prinsip pepatahnya. (b) memberikan contoh penulisan disclaimer. (c) Memberikan soal-soal latihan sesuai dengan materi dikte. (d) Penilaian bersama di kelas setelah dikoreksi terlebih dahulu oleh guru. Hasil penggunaan metode tersebut efektif dan skor rataratanya baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; imla'; menulis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021404 Maharat al-Kitabah (Writing Skill)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:22
Last Modified: 11 Oct 2023 03:33
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4868

Actions (login required)

View Item View Item