Rahman, M Fathur (2022) Pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk etos belajar siswa kelas X MAN 1 Mataram 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
M Fathur Rahman 180101057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Perkembangan dunia pendidikan bisa terwujud apabila sseluruh aspek dalam pendidikan berjalan secara optimal. Etos selalu dikaitkan dengan persoalan individu, jika persoalan belajar maka disebut persoalan etos belajar. Etos belajar merupakan syarat wajib bagi keberhasilan siswa yang berkualitas dan bernar-benar berkompeten pada bidangnya. Etos belajar sangat dibutuhkan siswa. Penelitian ini bertujuan adalah untuk: (1) Mengetahui etos belajar siswa MAN 1 Mataram. (2) mengetahui bagaiamana Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Etos Belajar Siswa Kelas X MAN 1 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan bersifat dekriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil, angket, guru, siswa, dan murid, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan terkait pendidikan lingkungan, profil sekolah serta data yang berkaitan dengan pebelitian ini. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi, adapun tempat penelitian MAN 1 Mataram. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Ada tiga aspek yang terdapat dari etos belajar siswa kelas X MAN 1 Mataram, antara lain: yang pertama Minat belajar siswa kondisi minat belajar siswa sangat baik yang bisa dilihat dari proses pembelajaranya. Kedua Keaktifan belajar siswa cukup baik karena siswa mendengarkan serta memperhatiakan saat proses pembelajaran. ketiga Tanggung jawab sebagai siswa cukup baik dilihat dari pengerjaan dan pengumpulan tugas yang siswa lakukan. (2) Langkah-langkah yang digunakan dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak membentuk etos belajarada tiga: yang pertama Memperjelas yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran tergolong cukup baik bisa dilihat dari ketretarikan siswa pada saat selesai diberikan pehaman terkait pembelajaran. Kedua yaitu membangkitakan minat belajar siswa dilakukan dengan cara pemberian motivasi dan nasehat pada siswa. Ketiga yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dilakukan dengan cara mengunakan metode yang tepat saat ingin memulai pembelajaran..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; akidah akhlak; etos belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:19
Last Modified: 09 Oct 2023 07:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4844

Actions (login required)

View Item View Item