Lestari, Yulia (2021) Strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa melalui gerakan literasi sekolah di SDN Penimpoh. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yulia Lestari 190106056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa melalui gerakan literasi sekolah. Fokus yang dikaji dalam skripsi ini adalah (1) Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV melalui Gerakan Literasi Sekolah di SDN Penimpoh ? (2) Apa saja kendala atau hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV melalui gerakan literasi sekolah di SDN Penimpoh ? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN Penimpoh pada tahun pelajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, perpanjangan waktu penelitian dan kecukupan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV melalui Gerakan Literasi Sekolah di SDN Penimpoh adalah memberikan motivasi sebelum belajar dan membaca buku secara berulang-ulang, menukar buku dengan teman, meminta pendapat siswa tentang buku yang dibacanya dan memanfaatkan sudut baca. (2) kendala atau hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV melalui gerakan literasi sekolah di SDN Penimpoh antara lain: a. Faktor akademik b. faktor lingkungan c. sarana dan prasarana d. faktor bahan ajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi Guru, Minat Baca, Gerakan Literasi Sekolah"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:21
Last Modified: 05 Oct 2023 02:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4824

Actions (login required)

View Item View Item