Liantini, Liantini (2023) Persepsi Guru Sekolah Dasar tentang implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Negeri 26 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Liantini 190106012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan Pelajaran, dan cara-cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum senantiasa berubah dengan tujuan melakukan perbaikan atau meningkatkan kualitas pendidikan. Kemendikbudristek mencetuskan beberapa program merdeka, salah satunya adalah kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka diterapkan berdasarkan kemendikbudristek nomor 56 tahun 2022, kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang mengoptimalkan peserta didik untuk memiliki cukup waktu dalam mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru sebagai pelaksana dari kuirkulum tentunya akan menerapkan kurikulum sesuai dengan persepsi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Negeri 26 Mataram tahun Pelajaran 2022/2023 dan untuk mengetahui persepsi guru sekolah dasar tentang implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Negeri 26 Mataram tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, yaitu penelitian yang digunakan meneliti objek alamiah yang menghasilkan data deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar negeri 26 Mataram pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket (sebagai instrumen pendukung). Sedangkan untuk menganalisis data penelitian menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabasahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan refrensi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan hasil bahwa, implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Negeri 26 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023 belum maksimal karena guru-guru SDN 26 Mataram juga masih belajar dalam mengimplementasikannya dan masih membutuhkan pelatihan khusus mengenai kurikulum merdeka. Pengimpleemntasian kurikulum merdeka di SDN 26 Mataram juga masih dalam taham pengimplementasian kurikulum""mandiri berubah, yaitu pengimplementasian kurikulum merdeka menggunakan struktur kurikulum merdeka dalam mengembangkan satuan pendidikannya, serta menerapkan prinsip-prinsip kurikulum merdeka dalam melaksanakan pembelajaran dana asesmen, dan Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 26 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023 masuk kepada kategori cukup baik, hal tersebut dibuktikan dari hasil wawancara, dan juga sebaran angket yang menyatakan bahwa kurikulum merdeka memberikan kemudahan bagi guru maupun peserta didik dalam proses pembelajaran, serta menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kurikulum merdeka, implementasi, persepsi."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:09
Last Modified: 05 Oct 2023 01:09
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4819

Actions (login required)

View Item View Item