Fadilah, Rari (2022) Identifikasi sikap ilmiah pada siswa kelas IV mata pelajaran IPA di SDN 31 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Rari Fadilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi membahas tentang identifikasi sikap ilmiah pada siswa kelas IV mata pelajaran IPA di SND 31 Mataram yang bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah yang ditunjukan oleh siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV di SDN 31 Mataram, mengetahui proses sikap ilmiah yang ditunjukan siswa kelas IV di SDN 31 Mataram dalam pembelajaran IPA dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman sikap ilmiah di SDN 31 Mataram bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah yang ditunjukan oleh siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV di SDN 31 Mataram, mengetahui proses sikap ilmiah yang ditunjukan siswa kelas IV di SDN 31 Mataram dalam pembelajaran IPA dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman sikap ilmiah di SDN 31 Mataram Penelitian ini merupakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang mengumpulkan data dilakukan dilapangan untuk memahamai fenomena sosial dalam pandangan perilakunya. Sumber data penelitian adalah guru dan siawa kelas IVmata pelajaran IPA di SDN 31 Mataram, instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi.teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ilmiah yang ditunjukan oleh siswa yaitu tidak mudah putus asa, selalu menerima pendapat orang lain dengan lapang dada dan menerima perbedaan (dalam berkerja kelompok). Proses penanaman sikap ilmiah melibatkan serangkaian langkah-langkah yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang ilmu pengetahuan, keterampilan berpikir kritis, serta sikap yang sesuai dengan pendekatan ilmiah dan juga melakukan penanaman sikap ilmiah dengan menggunakan metode atau model pendekatan dalam proses belajar mengajar dan sesuai dengan yang ada di RPP. Faktor pendukung dan penghambat penanaman sikap ilmiah siswa yaitu lingkungan sekolah yang mendukung persiapan guru dalam pembelajaran dan faktor pengambatnya iti dari orang tua siswa, kurangnya fasiltas pendukung dari sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sikap ilmiah, pembelajaran IPA"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:30
Last Modified: 29 Sep 2023 06:30
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4799

Actions (login required)

View Item View Item