Candra, Faldi (2023) Penggunaan media teks cerita untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas 8 Di MTsN 1 Sumbawa Barat Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
FALDI CANDRA (170102125).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini membahas penggunaan teks cerita untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada MTsN 1 Sumbawa Barat. Dengan mengangkat masalah sebagai berikut: Bagaimana menerapkan media teks cerita untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas delapan (a), apa saja masalah yang di terdapat pada proses penerapan media teks cerita, serta kelebihan dan kekurangan apa saja yang ada dalam menerapkan media teks cerita dalam pengajaran bahasa Arab. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah penggunaan media teks cerita untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab di MTsN 1 Sumbawa Barat. Hal ini dibuktikan dengan beberapa hal yaitu, Pertama: peserta didik mampu bekerja sama dan berperan aktif dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam mengaplikasikan teks cerita. Kedua, siswa mampu menguasai materi teks cerita dengan baik, hal ini terlihat dari kemampuan siswa untuk saling berbicara dengan temannya di luar materi bahasa arab dan berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh peneliti. Permasalahan dan kendala yang dihadapi penerapan media teks cerita adalah: ketidakmampuan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur'an, dan ha! tnt menyulitkan guru dalam menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media. Dampak dari penelitian ini ditujukan kepada beberapa pihak terkait yaitu; pertama; Kepada pihak sekolah, dan khususnya kepada kepala sekolah, sarana tekstual naratif hendaknya dijadikan metode pengajaran yang wajib dilaksanakan oleh setiap guru di bidangnya masing-masing. Khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab. Guru bahasa arab harus selalu bersemangat dalam menerapkan berbagai sarana pendidikan khususnya media teks cerita itu sendiri, agar para siswa dapat terus aktif dan dalam setiap proses pengajaran dan penguasaan materi pendidikan yang diajarkan."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: teks cerita; kemampuan bicara; media
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:13
Last Modified: 27 Sep 2023 04:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item