Setiawan Ssaputra, Wahyu (2023) Penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama di SMP Swasta Kelimutu, Ende. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Wahyu Setiawan (180101103).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua rumusan masalah pertama bagaimana penanman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan pendidikan Agama Katolik di SMP Swasta Kelimutu Ende, kedua apa faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama di SMP Swasta Kelimutu Ende. Adapun metode penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Informen peneliti yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, guru pendidikan agama Katolik, kepala sekolah, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berlansung sacara terus menerus sampai datanya tuntas dan jenuh dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memberikan gambaran tentang Pertama, penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI dan PAK di SMP Swasta Kelimutu Ende adalah dengan diberikannya pembiasaa- pembiasaan yang baik di lingkungan sekolah. Kemudian penanaman nilai- nilai multikultural di SMP Swasta Kelimutu Ende juga sesuai dengan peran guru yang ada di lingkungan sekolah. Peran dari setiap guru baik yang beragama Islam maupun yang beragama Katolik memberikan pemahaman terhadap setiap siswa/siswi agar menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dan bihneka tunggal ika melalui beberapa hal antara lain: (a) tidak mengganggu teman yang berebeda pendapat, (b) menerima kesepakatan meskipun berbeda pendapatnya, (c) mampu dan mau bekerja sama dengan siapapun yang memiliki latar belakang, pandangan dan keyakinan, (d) tidak memaksa pendapat atau keyakinan orang lain. (e) kesediaan untuk belajar terbuka terhadap keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik. Kedua, Faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai multikultural di SMP Swasta Kelimutu Ende antara lain: (a) faktor dari dukungan guru, (b) dukungan lingungan""sekolah, (c) faktor keluarga. Sedangkan faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMP Sawasta Kelimutu Ende antara lain: (a) lingkungan pergaulan, (b) sikap egois siswa, (c) fasilitas sarana/prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penanaman, Nilai-Nilai Multikultural, Pendidikan Agama."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:31
Last Modified: 27 Sep 2023 03:31
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4784

Actions (login required)

View Item View Item