Rosidah, Nur (2023) Upaya peningkatan kemampuan metakognisi dalam pemecahan masalah melalui model polya pada pembelajaran PAI Siswa Kelas XII di SMAN 1 Seteluk. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
NUR ROSIDAH 190101146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk megetahui peningkatan kemampuan metakognisi dalam pemecahan masalah pada pembelajaran PAI setelah penerapan model Polya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus di lakukan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Seteluk dengan jumlah siswanya 35 yang terdiri dari 11 laki-laki dan 24 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuatitatif untuk menentukan peningkatan metakognisi, ketuntasan individu, ketuntasan klasikal, dan keaktifan peserta didik dalam pelaksanaan model Polya oleh pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan metakognisi dalam pemecahan masalah menggunakan model Polya. Hasil analisis data angket menunjukkan nilai rata-rata pretest peserta didik sebelum dilaksanakan pembelajaran menggunakan model polya sebesar 66,46. Nilai rata-rata posttest peserta didik menggunakan model polya sebesar 82,68. Nilai N-gain senilai 82,68 dengan kategori kemampuan metakognisi tinggi karena nilainya 0,70:Sg:Sl00. Nilai rata- rata pra siklus ke siklus I sebesar 11,85 dan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 54,29%. Sedangkan dari siklus I ke siklus II, adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 13,1 dan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 20%. Persentase keaktifan peserta didik pada siklus I termasuk ke dalam kategori cukup aktif dengan skor rata-rata persentase sebesar 65,25% dan meningkat pada siklus II dengan kategori aktif dengan skor persentase sebesar 86,65%. Persentase peningkatan sebesar 21,4%. Aktivitas pendidik pada siklus I sebesar 79,15% dengan kategori terlaksana cukup baik dan mengalami peningkatan pada siklus II 94,95% dengan kategori telaksana dengan baik. Peningkatan aktivitas peserta didik meningkat sebesar 15,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metakognisi; Model Polya; pai
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:07
Last Modified: 26 Sep 2023 04:07
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4782

Actions (login required)

View Item View Item