Sukriadi, Sukriadi (2023) Meningkatkan pemahaman membaca teks naratif siswa melalui strategi (Draw) di Kelas Ix Ma Da’watul Khaer Kumbak Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sukriadi 180107129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi DRAW dapat meningkatkan pemahaman membaca teks narasi siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai penelitian dengan rancangan observasi checklist dan tes sebagai instrumennya. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX MA Da’watul Khaer Kumbak yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan tiga kali pertemuan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DRAW dapat meningkatkan pemahaman membaca teks naratif siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Nilai siswa sebelum menerapkan strategi DRAW (pre-test) adalah 35 dikategorikan kurang, dan setelah menerapkan strategi, nilai siswa (post-test1) adalah 67 dikategorikan cukup, dan pada (post-test II) 81 dikategorikan sangat baik. Checklist observasi pada siklus I menunjukkan hasil observasi siswa 53, dikategorikan kurang baik dan pada siklus II, 81 dikategorikan sangat baik. Strategi DRAW juga dapat meningkatkan partisipasi siswa dan lebih aktif selama proses belajar mengajar di kelas. Dan dari hasil observasi guru pada siklus I, 66 dikategorikan cukup dan pada siklus II, 84 dikategorikan sangat baik. Hal ini berarti pemahaman membaca siswa dan aktivitas guru selama kelas pemahaman membaca ditingkatkan dengan strategi DRAW dan proses belajar mengajar di kelas IX SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi DRAW; pemahaman membaca
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 04 Oct 2023 00:38
Last Modified: 04 Oct 2023 00:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4774

Actions (login required)

View Item View Item