Hakim, Khairul (2019) Perbandingan model pembelajaran CO-OP CO-OP dengan bermain jawaban terhadap hasil belajar IPS Siswa 2018/2019 Kelas VIII Mts Yusuf Abdussatar Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
KHAIRUL HAKIM 151146156.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Judul penelitian ini ""perbandingan model pembelajaran co-op co-op dengan bermain jawaban terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Yusuf Abdussatar Kediri tahun 2018/2019"". Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua kelas VIII MTs Yusuf Abdussatar Kediri dan sampel sebanyak 65 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T-tes sample independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPS siswa kelas VIII yang diajarkan dengan metode co-op co-op dan bermain jawaban. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji bahwa nilai sig.(2-tailed)<0,05 yaitu 0,045<0,05 dengan nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan metode co-op co-op sebesar 76.36, sedangkan nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan metode bermain jawaban sebesar 70.93. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTs Yusuf Abdussatar kediri yang diajarkan menggunakan metode co- op co-op dengan bermain jawaban tahun 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode co-op co-op; metode; bermain jawaban;hasi lbelajar IPS."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:48
Last Modified: 25 Sep 2023 04:48
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4769

Actions (login required)

View Item View Item