Juliana, Tri (2023) Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Elastisitas di MA Darul Hikmah Tente. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Tri Juliana 190108007 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional kurang memberikan pemahaman kepada peserta didik yang berimbas pada rendahnya hasil belajar peserta didik di MA Darul Hikmah Tente. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran project based learning yang diharapkan mampu memberikan pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MA Darul Hikmah Tente. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumla peserta didik sebanyak 15 orang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sampel t-test diketahui bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas di MA Darul Hikmah Tente. Namun kemampuan matematika masih kurang saat menghadapi masalah, sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran project based learning; hasil belajar; peserta didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Fisika
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:39
Last Modified: 20 Sep 2023 03:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4728

Actions (login required)

View Item View Item