Hajaratullailah, Neneng (2023) Upaya guru dalam pembudayaan calistung pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Anak Sholeh Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Neneng Hajaratullailah 190110048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui bagaimana bentuk upaya guru dalam pembudayaan calistung pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Anak Sholeh Mataram dan ingin mengetahui kendala apa sajakah yang dihadapi guru dalam pembudayaan calistung pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Anak Sholeh Mataram. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian yaitu anak usia 4-5 tahun di TK IT Anak Sholeh Mataram. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara tidak terstruktut, observasi dan dokumentasi, analisis data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi sumber dengan membandingkan tiga sumber data kemudian menarik kesimpulan dari data yang diperoleh. Adapun hasil penelitian menentukan bahwa upaya guru dalam pembudayaan calistung pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Anak Sholeh Mataram yaittu : 1) Metode pembudayaan calistung di antaranya :a) peserta didik sudah mampu mengenal huruf , angka dan sudah bisa berhitung melalui metode-metode yang di gunakan guru. b) mampu menumbuhkan minat anak terhadap calistung. 2) Media pembelajaran yang digunakan dalam pembudayaan calistung mampu menambah pembendaharaan kosa kata anak, mengajak anak untuk berpikir kritis dan meningkatkan minat anak terhadap calistung. 3) Kendala yang dihadapi guru dalam pembudayaan calistung pada peserta didik yaitu masih ada anak yang belum mengenal keaksaraan, anak yang kurang fokus (saat belajar anak masih suka berjalan, bercanda, mengobrol), kemampuan motorik halus anak belum matang, orang tua yang tidak mengajarkan calistung kepada anaknya, kemampuan intelektual anak yang berbeda, 4) Tahapan pembelajaran calistung yang dilakukan di TK IT Anak Sholeh Mataram diberlakukan sesuai tingkat usia anak. Tiga tahapan yang dilewati oleh anak yaitu antara lain: tahapan membaca, tahapan menulis, dan tahapan menghitung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: upaya guru, Pembudayaan calistung, Anak usia 4-5 tahun"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Indonesian Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:47
Last Modified: 22 Aug 2023 03:47
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4668

Actions (login required)

View Item View Item