Ula, Sopiatul (2023) Kurikulum 2013 dalam pembentukan karakter (analisis deskriptif pada siswa kelas V di SDN 1 Ranjok) Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
SOPIATUL ULA 190106143.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari peserta didik di SDN 1 Ranjok. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDN 1 Ranjok (2) Untuk menjabarkan pembentukan kepribadian peserta didik melalui pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDN 1 Ranjok. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer melalui studi lapangan yang meliputi beberapa informan atau subjek penelitian yaitu Wali Kelas V Dan peserta didik. Serta data sekunder melalui studi dokumentasi maupun pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tahapan koleksi data, redukai data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan kurikulum 2013 di SDN 1 Ranjok dilakukan dengan beberapa tahapan diantaranya tahap perencanaan meliputi guru menetapkan/memilih tema, melakukan pemetaan KD, mengkaji buku guru, mengkaji silabus, dan menyusun RPP. Kemudian tahap berikutnya tahap pelaksanaan dimana pada tahap ini terdapat tiga kegiatan pembelajaran diantaranya kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kemudian tahap berikutnya berupa tahap evaluasi dimana guru melakukan tiga penilaian yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Pada penilaian sikap guru menilai siswa dari sikap social dan spiritual. Pada penilaian pengetahuan guru menilai dari ulangan harian dan semester. Pada penilaian keterampilan guru meniali siswa dari hasil praktik dan produk. (2) Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam membentuk karakter siswa kelas V SDN 1 Ranjok melalui tiga tahap, yaitu pada tahap pendahuluan, inti dan penutup. Pada tahap pendahuluan pembentukan karakter religius dapat dilakukan dengan pembiasaan berdoa sebelum""memulai pembelajaran, penanaman sikap nasionalisme dengan menyanyikan lagu nasional. Pada tahap kegiatan inti pembentukan karakter dapat dilakukan dengan dengan melaksanakan kegiatan diskusi untuk membiasakan sikap percaya diri, kerjasama, dan sosial. Selain itu pembentukan sikap tanggung jawab dapat disisipkan lewat pemberian waktu untuk mengerjakan tugas secara individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: implementasi; Kurikulum 2013; Karakter"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:19
Last Modified: 21 Aug 2023 04:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4665

Actions (login required)

View Item View Item