Nurnajmi, Siti (2023) Pengaruh pelaksanaan pembelajaran tatap muka di era new normal terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 41 Jempong Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
SITI NURNAJMI 170106219.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Semenjak pandemi covid 19 mulai menyebar luas di Indonesia pada Maret 2020, semua kegiatan di masyarakat mengalami perubahan tidak terkecuali pada dunia pendidikan. Semenjak tahun 2020 hingga sampai tahun 2021 pendidikan di Indonesia dilakukan pembelajaran daring, kemudian menjelang awal tahun 2022 pemerintah kembali mengijinkan pembelajaran tatap muka digunakan kembali. Dilaksanakan kembali pembelajaran tatap muka era new normal diharapkan mampu mempengaruhi hasil belajar siswa dalam. Hasil belajar ialah perubahan tingkah laku seseorang yang merupakan hasil dari proses belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran tatap muka di era new normal terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 41 Ampenan Jempong Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunkan metode kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan pembelajaran tatap muka di era new normal terhadap hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linear sederhana Y= 15,786 + 1,012 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh pelaksanaan pembelajaran tatap muka di era new normal terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,757 artinya" "besarnya sumbangan antara pelaksanaan pembelajaran tatap muka di era new normal terhadap hasi belajar siswa sebesar 75,7%. Maka disimpulkan Ho dilotak sedang Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan Pembelajaran; Tatap Muka; Era New Normal; Hasil Belajar IPS; Siswa Sekolah Dasar."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:02
Last Modified: 21 Aug 2023 04:02
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4664

Actions (login required)

View Item View Item