Miati Fitratunnisa, Rara (2023) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model problem based learning (PBL) dengan bantuan media papan pintar tema 6 materi sumber energi di Kelas III A SDN 31 Ampenan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Rara Miati Fitratunnisa 190106020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, membuat pembelajaran menjadi tidak menarik. Guru cenderung menggunakan metode cerama dalam menyampaikan materi dan kurang melibatkan siswa secara aktif di kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan papan pintar tema 6 materi sumber energi di kelas III A SDN 31 Ampenan tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru dan observer (peneliti). Jenis instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa dan lembar pedoman observasi guru dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk menentukan ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal dan data kualitatif untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam keterlaksaan penerapan model Problem Based Learning oleh siswa dan guru." "Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema 6 materi sumber energi di kelas III A SDN 31 Ampenan tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan di setiap siklusnya. Adapun peningkatan hasil belajar yaitu ketuntasan klasikal siswa meningkat dari 66,66% (siklus I) menjadi 88,88% (siklus II), atau mengalami peningkatan sebesar 22, 12%. Sementara nilai aktivitas guru mengalami peningkatan dari 68,42 (siklus I) menjadi 90,47(siklus II) dengan peningkatan sebesar 21,99. Begitu juga dengan nilai aktivitas siswa" "mengalami peningkatan dari 68,42 (siklus I) menjadi 89,47 (siklus II) dengan peningkatan sebesar 20,99. Berdasarkan hasil analisis data tersebut penelitian dinyatakan berhasil dikarenakan ketuntasan klasikal > 85, aktiviras guru berkriteria sangat baik dan aktivitas siswa berkriteria sangat aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil Belajar; Model Problem Based Learning; Media Papan Pintar; Pembelajaran Tematik; Sekolah Dasar"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:19
Last Modified: 21 Aug 2023 03:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4662

Actions (login required)

View Item View Item